Selasa, 25 Juni 2013

menjadi akuntan yang baik

Menjadi Akuntan yang Baik
dan Orang Yang Sukses

Karakteristik utama dari akuntan yang baik adalah  integritas dan objektivitas. Untuk menjadi seorang profesional yang mempunyai  rasa hormat , Anda harus benar-benar jujur ​​dan etis dalam semua hal yang Anda lakukan. Itu berarti anda dapat memilah  kehidupan pribadi serta profesi anda. Dalam melaksanakan tugas akuntansi anda, anda harus benar-benar objektif, dan tidak membiarkan perasaan anda bisa mempengaruhi pekerjaan anda
Anda mungkin pernah mengalami di saat atasan anda memberikan tugas yang sulit dan anda tak mampu untuk mengerjakanya, sehingga tercipta di benak anda, bahwa anda tidak ingin menangani atau mengarjakan tugas yang sulit yang telah di berikan tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa anda memiliki latar belakang untuk menanganinya dan sebenarnya anda memiliki potensi untuk mengerjakanya.
Akuntan yang baik harus memiliki kualitas yang dibutuhkan dari setiap situasi pekerjaan: ketepatan waktu, kejujuran, kerahasiaan, dan melakukan yang terbaik yang bisa anda berikan.






Karakteristik Akuntan Sukses
Seorang akuntan benar-benar sukses dalam dunia bisnis memiliki karakteristik tertentu. Para akuntan yang memiliki semua karakteristik yang tercantum di bawah ini adalah jarang, tetapi akuntan paling benar-benar sukses memiliki banyak, jika tidak sebagian besar, karakteristik ini.
 

1.      Keahlian
·         Teknis: Tahu prinsip akuntansi serta perpajakan.
·         Manajemen: Tahu prinsip dan teknik manajemen bisnis dan administrasi.
·         Bahasa: Berbicara  dan memiliki tata bahasa yang baik.
 


2.      Karakteristik Pribadi
·         Citra pribadi: Rapih dalam berpakain dan bersih.

·         Integritas: Seorang akuntan menjual dua hal: waktu dan integritas. Memiliki standar pribadi yang tinggi, kejujuran dan hidup dengan standar tinggi organisasi. Kehidupan pribadi adalah konsisten dengan standar kehidupan kerja itu.


·         Keyakinan: Percayaan diri namun tidak sombong dan Santai.

·         Layanan orientasi: Selalu mencari untuk melayani orang lain dan membantu memecahkan masalah mereka.


·         Kantor / ruang kerja: Rapi, terorganisir, mengundang dan Nyaman.


·         Kebersihan pribadi: Tampak sehat dan penuh energi. Tidak mengantuk atau bosan pada pekerjaan.


·         Sikap: Positif. Bersedia untuk bekerja. Bersemangat untuk memecahkan masalah.


·         Memiliki Kepribadian yang menyenangkan.


·         Kreatif: Menemukan solusi kreatif untuk masalah. Visualisasi solusi alternatif.




3.      Disiplin Manajemen Sumberdaya
·         Uang: Tidak mewah dengan dana perusahaan atau dana pribadi


 Waktu: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Ini benar-benar penting karena Akuntan menjual waktu, keahlian dan pengetahuan.










Menjadi Orang Sukses

Sukses. Sebuah kata yang selalu diincar setiap orang. Tapi banyak dari mereka yang hanya mengalami kegagalan. Meski begitu kegagalan adalah guru yang paling bijak. Orang sukses adalah orang yang terus mencoba, meskipun telah mengalami banyak kegagalan. Mereka tidak pernah berhenti mencoba dan mencoba lagi.

Hidup bagi mereka adalah peluang untuk mencapai kesuksesan. Kiat-kiat berikut ini disarikan dari hasil penelitian terhadap orang-orang sukses. Apa sebenarnya yang mereka ketahui dan lakukan untuk menjadi sukses?
Berikut kiat menjadi orang sukses yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan anda:

  1. Orang sukses mau berorientasi pada tujuan. Mereka selalu berorientasi pada tujuan. Tahu mengapa harus melakukan sesuatu. Dan memfokuskan usahanya untuk mencapai tujuan itu. Ketahui dimana anda sekarang dan kemana akan melangkah, dan tahu bagaimana cara mencapainya dan segera bertindak.

2.      Orang sukses mau mengambil resiko. Mereka berupaya untuk mencapai target, melakukan penghematan, membangun relasi dengan banyak orang dan gesit mencoba sesuatu yang baru guna mengikuti perkembangan zaman, dan mau terus mengambil resiko untuk meraih sukses.

3.      Orang sukses percaya diri dan merasakan bahwa mereka berbuat sesuatu untuk dunia. Mereka memandang sebuah dunia yang besar dan ingin memainkan peranan penting di dalamnya. Mereka tetap bekerja sesuai ketrampilan mereka, sambil tetap menyadari bahwa ketrampilan ini memberi nilai kepada ketrampilan lainnya. Mereka juga sadar, karya terbaik akan menghasilkan kompensasi bagi mereka.

4.      Orang sukses mencintai apa yang mereka lakukan atau  menikmati apa yang sedang mereka lakukan. Mereka mampu melihat pekerjaan sebagai kesenangan, mereka memilih bekerja di mana mereka dapat unggul. Orang sukses menyukai tantangan, mereka menikmati pencapaian puncak permainan mereka, apakah di pekerjaan, lapangan tennis atau lapangan golf.

5.      Orang sukses adalah pelajar seumur hidup. Mereka menyadari, pendidikan tak pernah berakhir tapi dimulai di setiap tingkatan kehidupan dan terus berlanjut hingga akhir kehidupan. Pendidikan tidak terbatas di ruang kelas, artinya mencoba ide baru, membaca buku, surat kabar, majalah dan menggunkan internet merupakan bentuk pendidikan pula.
Karena itu tetaplah mengalir sesuai perubahan ketertarikan dan kemampuan Anda, dan nikmati perubahan. Ini akan membantu Anda tumbuh dan merasakan lebih percaya diri.

6.      Orang sukses berpandangan positif terhadap apa yang dapat mereka kerjakan, dan ini meluas pada hal-hal lain. Mereka percaya gelas itu setengah penuh dan bukan setengah kosong. Mereka menanamkan semangat pada diri sendiri dan dapat membayangkan diri bagaimana mereka berhasil menyelesaikan suatu tugas sulit atau mencapai penghargaan tertinggi.
Orang sukses berbuat bagaikan pelatih bagi orang lain, dengan menyuguhkan pesan-pesan positif dalam kehidupan sehari-hari. Mereka senang melihat orang lain membuat tonggak sejarah dalam kehidupan mereka.
7.      Orang sukses punya banyak cara untuk memotivasi diri sendiri sehingga dapat terus berkarya lebih baik dari yang lain. Ada yang dengan cara melakukan beberapa pekerjaan setiap hari pada bidang berbeda.

8.      Orang sukses menyelesaikan tugas tidak dengan setengah-tengah, dan mereka menggunakan cara kreatif dalam meraih sukses. Meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama, mereka akhirnya melampaui garis finish. Mereka memanfaatkan waktu dengan baik dalam mensinergikan kemampuan fisik dan mental untuk mencapai sukses.

Keberhasilan, kesuksesan atau apapun namanya adalah sebuah proses. Proses yang tak datang hanya dengan sekali ucap “simsalabim” maka berubahlah segalanya. Sukses adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan. Seperti besi yang ditempa dalam api, sampai akhirnya menjadi pisau atau benda lain yang lebih berguna.
Kesetiaan menjalani proses itulah kuncinya. Meski klise, namun sampai sekarang terus terbukti sangat telak terhadap hasil akhir yang ingin kita capai.
Dalam hidup segala sesuatunya memang tak selalu berjalan sempurna. Namun bukan berarti kita harus terdiam dan menyerah berpangku tangan pada nasib.
Bangkit dan mari ACTION!

0 komentar:

Posting Komentar